Pemerintah Beri Uang Sewa bagi Warga yang Tampung Pengungsi Gempa Cianjur

- Senin, 28 November 2022 | 12:02 WIB
salah satu rumah cianjur yang terkena gempa  (romy)
salah satu rumah cianjur yang terkena gempa (romy)

Bekasikinian.com, Cianjur - Pemerintah akan memberikan bantuan uang sewa kepada warga korban gempa Cianjur yang rumahnya masih dalam keadaan baik namun mau menampung sesama pengungsi korban gempa.

“Kalau misalnya punya ruangan kosong itu bisa menampung tetangganya, menampungnya tidak gratis, ada bantuan dari pemerintah sebagai uang sewa,” kata Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto dalam konferensi pers virtual yang diikuti di Jakarta, Minggu (27/11/2022).

Suharyanto menambahkan, saat melakukan pemeriksaan langsung ke rumah-rumah warga korban gempa Cianjur, ditemukan beberapa rumah dalam keadaan baik, namun warga pemilik rumah masih enggan menempati rumahnya karena takut gempa susulan.

Jika mereka sudah diyakinkan dengan hasil analisis gempa dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang menyatakan warga sudah aman kembali ke rumah, diharapkan pengungsi bisa kembali ke rumahnya yang masih bisa ditempati.

"Yang rumahnya mengalami rusak ringan sedang bisa kembali ke rumahnya. Yang rumah rusak berat secara paralel dilaksanakan pendataan supaya segera bisa dibangun,” tuturnya.

Baca Juga: Jurnal Dermawanku Bersama Jufi dan Komodo Buka Dapur Umum di Cianjur

Bagi warga yang tidak memiliki tetangga yang rumahnya masih bisa ditempati pascagempa, akan didirikan tenda-tenda keluarga di sekitar rumahnya. Kepala BNPB menuturkan, Pemerintah Kabupaten Cianjur juga akan mengadakan beberapa ribu tenda keluarga.

“Pak Bupati (Cianjur) juga tadi koordinasikan sudah akan mengadakan beberapa ribu tenda keluarga,” ujarnya.

Upaya tersebut dilakukan agar warga dapat berada dekat dengan rumahnya yang rusak berat sehingga bisa mulai membersihkan puing-puing rumahnya dan menyelamatkan harta bendanya.

BNPB bekerja sama dengan TNI juga akan mengerahkan sumber daya untuk membantu membersihkan puing-puing rumah warga, sehingga bersama dengan masyarakat, proses pembersihan puing-puing dapat lebih cepat dilakukan.

Halaman:

Editor: Romy Syawaluddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pertalite Turun Harga Lagi? Ini Kata Dirjen ESDM

Rabu, 1 Februari 2023 | 08:31 WIB

Viral Nikah di KUA, Yuk Simak Syaratnya Apa Saja

Selasa, 31 Januari 2023 | 17:53 WIB

E Commerce JD.ID Tutup di Indonesia Maret Mendatang

Selasa, 31 Januari 2023 | 11:23 WIB

BMKG: Musim Kemarau Kering Dimulai Februari Nanti

Selasa, 31 Januari 2023 | 10:29 WIB

Menkopolhukam di Pecat Jokowi, Benarkah?

Senin, 30 Januari 2023 | 12:05 WIB

Maher Zain Bakal Nyanyi di Acara Puncak Satu Abad NU

Sabtu, 28 Januari 2023 | 23:39 WIB

JUFI Bantu Renovasi Sekolah di Rumpin

Sabtu, 28 Januari 2023 | 23:24 WIB
X