Pemerintah RI Subsidi Motor Listri, Luhut: 2023 Harga 6,5 Juta

- Kamis, 1 Desember 2022 | 10:24 WIB
Pemerintah Subsidi Motor Listrik seharga 6,5 Juta
Pemerintah Subsidi Motor Listrik seharga 6,5 Juta

Bekasikinian.com, JakartaPemerintah RI saat ini sedang menggalakkan penggunaan kendaraan listrik untuk mengurangi emisi karbon. Bahkan, pemerintah disebut menyiapkan beberapa insentif, termasuk subsidi untuk sepeda motor listrik.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Banchardan mengungkapkan pencairan subsidi tersebut dianggap sebagai upaya untuk menarik minat masyarakat dan membuktikan bahwa penggunaan kendaraan listrik lebih menguntungkan.

"Sebentar lagi kita akan luncurkan mobil listrik dengan subsidi. Sepeda motor kita sedang difinalisasi (jumlah subsidi). Berapa juta kita mau kasih subsidi sepeda motor, mungkin Rp 6 juta. Di Thailand mungkin Rp 7 juta, kita mungkin Rp 6,5 juta atau berapa kira-kira berkisar itu," kata Luhut dalam keterangan yang diterima pada Kamis (1/12/2022).

Baca Juga: Lebih Ramah Lingkungan, Tri Adhianto Dukung Atensi Presiden RI Untuk Ganti Kendaraan Dinas Jadi Mobil Listrik

Meski begitu, dia tidak menyebutkan berapa besaran subsidi untuk membeli mobil listrik. Bicara soal insentif, pemerintah saat ini sedang membolos PPnBM untuk pembelian kendaraan listrik.

Kemudian, konsumen kendaraan listrik juga dibebaskan dari bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB). Kemudian, dengan pelat nomor khusus, pengguna kendaraan listrik dibebaskan dari aturan ganjil genap DKI Jakarta.

"Apakah kita memasok beberapa juta mobil? Mengapa? Dia tidak akan membeli bensin lagi. Kami masih menghitung bahwa menggunakan sepeda motor listrik lebih menguntungkan daripada menggunakan sepeda motor dan mobil (bahan bakar) fosil," jelasnya.

Selain membeli mobil baru, lanjut Menko Luhut. Pihaknya juga mendorong peralihan dari mobil berbahan bakar gas ke mobil listrik. (*)

Baca Juga: Mobil Listrik Milik Toyota di Pamerkan di GIIAS 2022

Halaman:

Editor: Muhammad Hamzah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pertalite Turun Harga Lagi? Ini Kata Dirjen ESDM

Rabu, 1 Februari 2023 | 08:31 WIB

Viral Nikah di KUA, Yuk Simak Syaratnya Apa Saja

Selasa, 31 Januari 2023 | 17:53 WIB

E Commerce JD.ID Tutup di Indonesia Maret Mendatang

Selasa, 31 Januari 2023 | 11:23 WIB

BMKG: Musim Kemarau Kering Dimulai Februari Nanti

Selasa, 31 Januari 2023 | 10:29 WIB

Menkopolhukam di Pecat Jokowi, Benarkah?

Senin, 30 Januari 2023 | 12:05 WIB

Maher Zain Bakal Nyanyi di Acara Puncak Satu Abad NU

Sabtu, 28 Januari 2023 | 23:39 WIB

JUFI Bantu Renovasi Sekolah di Rumpin

Sabtu, 28 Januari 2023 | 23:24 WIB
X