Bahaya Terlalu Banyak Minum Soda

- Selasa, 30 Agustus 2022 | 19:30 WIB
Minuman soda (Ist)
Minuman soda (Ist)

Bekasikinian.com, Bekasi - Soda sering dipasangkan dengan banyak makanan cepat saji, seperti ayam goreng, pizza, burger, dll. Hadirnya minuman tentu menambah kesejukan saat makan dan berbagai momen menyenangkan lainnya.

Popularitas minuman soda tidak perlu diragukan lagi. Minuman ini terkenal dengan rasanya yang menyegarkan. Namun, banyak penelitian juga mengungkapkan bahwa minuman ini tidak baik untuk kesehatan Anda. Bahkan hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa soda dapat mempengaruhi kemampuan otak untuk belajar.

Kutipan dari NDTV food, minuman soda memiliki efek buruk pada kapasitas otak. Sebuah studi tahun 2022 dari Journal of Experimental Gerontology menemukan bahwa minuman berkarbonasi dapat menyebabkan penurunan memori pada usia yang berbeda.

Baca Juga: Ini 4 Jenis Makanan dan Minuman Kombinasi yang Dapat Turunkan Berat Badan

Percobaan ini dilakukan oleh sekelompok tikus. Kelompok ini dibagi menjadi dua, yaitu tikus yang mendapat air; dan tikus diberi campuran soda dan air. Akibatnya, tikus yang minum minuman ringan memiliki fungsi memori yang lebih buruk daripada kelompok lain.

Di balik kesegaran yang diberikan minuman ini, bukan rahasia lagi kalau soda memiliki banyak efek samping bagi kesehatan. Sebut saja, minuman ringan berdampak langsung pada kenaikan berat badan, gula darah, dan lainnya. Bahkan penelitian terbaru mengungkapkan efek buruk soda pada kesehatan otak.

Selain itu, sekelompok tikus yang diberi soda juga mengalami stres oksidatif. Bagi Anda yang belum tahu, stres oksidatif disebabkan oleh ketidakseimbangan antara antioksidan dan radikal bebas di dalam tubuh. Jika racun ini tidak keluar, maka akan menyebabkan stres oksidatif, yang berdampak pada sejumlah masalah kesehatan lainnya.

Baca Juga: Terekam CCTV, Pencuri Nekat Bobol Kedai Minuman di Rawalumbu

Sehingga studi tersebut menyimpulkan, “konsumsi soft drink jangka panjang menyebabkan gangguan memori dan stres oksidatif. Orang yang lebih muda tampaknya lebih rentan terhadap perubahan perilaku penikmat soft drink. Namun, soft drink juga menyebabkan perubahan dalam sistem oksidatif pada semua usia.”

Wahh, ternyata makin banyak efek samping dari minum minuman bersoda. Jadi sebaiknya Anda mulai mengurangi konsumsi minuman bersoda dan beralih ke minuman yang lebih sehat untuk mencegah aktivitas otak melambat. (nb)

Halaman:

Editor: Muhammad Hamzah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Konsumsi Ikan Dukung Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak

Kamis, 26 Januari 2023 | 10:35 WIB

Protein Hewani Ampuh Cegah Stunting

Rabu, 25 Januari 2023 | 10:50 WIB

Simak, Ini Alasan Tidak Boleh Keramas Setiap Hari

Selasa, 24 Januari 2023 | 14:59 WIB

Destinasi Wisata Momen Tahun Baru Imlek

Rabu, 18 Januari 2023 | 09:10 WIB

Apakah Nabi Khidir Masih Hidup di Zaman Saat Ini

Selasa, 17 Januari 2023 | 13:17 WIB

Dilarang Keras, Jangan Main Lato-lato di 3 Negara Ini

Sabtu, 14 Januari 2023 | 14:14 WIB

Tips Aman Mencegah si Buah Hati dari Penculikan

Minggu, 8 Januari 2023 | 16:10 WIB

Sederet Manfaat Main Lato-Lato untuk Anak

Jumat, 6 Januari 2023 | 14:33 WIB

Beberapa Fitur Canggih dari Android 13

Jumat, 6 Januari 2023 | 13:22 WIB
X