• Jumat, 2 Desember 2022

Olahraga Aman untuk Kesehatan Jantung

- Senin, 26 September 2022 | 10:22 WIB
Semua orang sudah menyadari manfaat kesehatan dari olahraga. Sebuah studi baru-baru ini memberikan penjelasan mengapa olahraga sangat bermanfaat bagi otak.
Semua orang sudah menyadari manfaat kesehatan dari olahraga. Sebuah studi baru-baru ini memberikan penjelasan mengapa olahraga sangat bermanfaat bagi otak.

Bekasikinian.com, Jakarta - Spesialis kedokteran olahraga Dr. Antonius Andi Kurniawan SpKO merekomendasikan olahraga aerobik secara teratur bagi mereka yang memiliki kondisi fisik yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan menghindari risiko penyakit jantung di kemudian hari.

"Olahraga sangat baik untuk kesehatan jantung. Kardio khususnya, penelitian menunjukkan bahwa ketika kita berolahraga 5 kali seminggu selama 30 menit sehari (latihan aerobik), risiko penyakit jantung nantinya berkurang secara signifikan," ucap Andy dari Persatuan Dokter Spesialis (PDSKO).

Latihan aerobik dapat membantu membangun kekuatan dan kebugaran kardiorespirasi, jelasnya. Jantung, pembuluh darah, dan paru-paru membawa oksigen ke seluruh tubuh saat otot berkontraksi dan bergerak.

Baca Juga: Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Meninggal Dunia Terkena Serangan Jantung

Andy mengatakan bahwa peningkatan kadar oksigen akan mendorong seseorang untuk lebih energik saat menjalani aktivitas sehari-hari.

“Ketika seseorang dalam keadaan sehat, begitu jantung berdetak, lebih banyak oksigen yang dikirim ke seluruh tubuh. Ketika seseorang rajin berolahraga, otot jantung lebih kuat dan kebugaran fisik meningkat. Jadi ketika kita melakukan aktivitas fisik dan ketika bekerja, produktivitas atau efisiensi juga meningkat,” kata Andy.

Contoh latihan aerobik yang dapat dilakukan untuk meningkatkan fungsi jantung adalah dimulai dengan aktivitas sederhana seperti berjalan kaki ke olahraga lain seperti bersepeda, berenang dan jogging, atau jogging jika seseorang tidak memiliki masalah persendian.

Andy mengatakan lari maraton sebenarnya baik untuk kesehatan jantung, mengingat pelari jarak jauh harus memiliki otot jantung yang sehat.

Namun, dia menekankan bahwa orang tidak boleh berolahraga secara berlebihan, karena meningkatkan risiko penyakit jantung dan hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.

“Yang penting kita berolahraga sesuai kemampuan dan kondisi kita, bukan overtraining, tapi sesuai kemampuan kita,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Hamzah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bencana Terus Melanda, Ini Doa Menangkalnya

Selasa, 29 November 2022 | 15:07 WIB

Whatsapp Bersiap Keluarkan Tampilan Baru

Senin, 28 November 2022 | 08:36 WIB

Bahaya Infeksi Saluran Kemih bagi Ibu Hamil

Sabtu, 19 November 2022 | 07:02 WIB

Tips Menyiapkan Bekal Anak ke Sekolah

Sabtu, 19 November 2022 | 05:48 WIB

Kenali Ciri Tahi Lalat Sehat dan Indikasi Kanker

Kamis, 17 November 2022 | 11:29 WIB

Rahasia Neurosains agar Anak Belajar dengan Cepat

Selasa, 15 November 2022 | 17:05 WIB

Film NCT Dream The Movie Sudah Siap Tayang

Jumat, 11 November 2022 | 07:25 WIB

Langkah Tepat Menghadapi Anak Tantrum

Kamis, 10 November 2022 | 06:05 WIB

4 Kuliner Penggugah Selera Khas Solo

Senin, 7 November 2022 | 11:55 WIB
X