• Jumat, 2 Desember 2022

Kapan Sih Anak Sudah Mulai Masuk Sekolah

- Senin, 26 September 2022 | 11:00 WIB
Bekasikinian.com - Anak Sekolah Dasar
Bekasikinian.com - Anak Sekolah Dasar

Bekasikinian.com, Jakarta - Dr Rose Mini Agoes Salim, Ketua Program Penelitian Terapan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI), mengatakan ada banyak faktor yang bisa mempersiapkan anak usia dini untuk masuk ke sekolah dasar. Salah satunya harus melihat kesiapan motorik kasar dan halus.

"Keterampilan motorik kasar sudah berubah menjadi Keterampilan motorik halus, jadi perkembangan ini tidak sama untuk semua anak di kelas," kata psikolog yang akrab disapa Romi.

Keterampilan motorik kasar yang dimaksud Romi adalah kemampuan anak usia 2 hingga 3 tahun, seperti melompat, menendang, dan meremas. Selain itu, keterampilan motorik halus harus dilatih, seperti menempatkan benih dalam botol atau mengikuti garis dengan krayon atau pensil.

"Kalau kuat, nanti kita lihat bagusnya dia, kalau dia sudah mulai bertanya-tanya bagaimana cara menulis dan berhitung agar bisa mengerti," kata Romi.

Selain keterampilan motorik, tujuan perkembangan yang harus dicapai adalah meningkatkan konsentrasi, menjadi lebih lama dan terikat secara emosional tidak hanya dengan orang tua, tetapi sudah terlihat oleh figur otoritas lainnya, dalam hal ini guru.

Baca Juga: Turut Evaluasi Kecelakaan Maut di SDN Kota Baru III, Komnas PA : Keamanan Sekolah Perlu Ditingkatkan

“Jadi, anak-anak yang masuk sekolah seharusnya tidak hanya siap membaca, menulis, berhitung. Misalnya, bertemu teman, memahami ketertiban, membedakan jenis kelamin, fokus, harus dari pendek ke panjang, tidak hanya terikat secara emosional dengan orang tua. Ini membuatnya Lebih mudah untuk masuk ke sekolah dasar," katanya.

Romi menyarankan para guru untuk lebih memahami kepribadian siswanya, yang tidak semuanya sama. Cara guru menyikapi kemampuan anak juga harus disesuaikan.

Baca Juga: Siswi SD Berumur Sepuluh Tahun di cabuli di Lingkungan Sekolah

“Tentunya tidak ada syarat harus bisa baca tulis dan hitung ya. Bukan itu tujuannya. Tujuannya untuk mendatangkan, dan kalau pondasinya kuat insya Allah bisa lebih kokoh lagi,” dia menjelaskan.

Halaman:

Editor: Muhammad Hamzah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bencana Terus Melanda, Ini Doa Menangkalnya

Selasa, 29 November 2022 | 15:07 WIB

Whatsapp Bersiap Keluarkan Tampilan Baru

Senin, 28 November 2022 | 08:36 WIB

Bahaya Infeksi Saluran Kemih bagi Ibu Hamil

Sabtu, 19 November 2022 | 07:02 WIB

Tips Menyiapkan Bekal Anak ke Sekolah

Sabtu, 19 November 2022 | 05:48 WIB

Kenali Ciri Tahi Lalat Sehat dan Indikasi Kanker

Kamis, 17 November 2022 | 11:29 WIB

Rahasia Neurosains agar Anak Belajar dengan Cepat

Selasa, 15 November 2022 | 17:05 WIB

Film NCT Dream The Movie Sudah Siap Tayang

Jumat, 11 November 2022 | 07:25 WIB

Langkah Tepat Menghadapi Anak Tantrum

Kamis, 10 November 2022 | 06:05 WIB

4 Kuliner Penggugah Selera Khas Solo

Senin, 7 November 2022 | 11:55 WIB
X