Tips Menyiapkan Bekal Anak ke Sekolah

- Sabtu, 19 November 2022 | 05:48 WIB
Bekal anak (Ist)
Bekal anak (Ist)

Bekasikinian.com, Jakarta - Banyak beragam manfaat didapatkan apabila orang tua membuat dan membawakan bekal untuk anak. Mulai dari aspek gizi hingga sosial-emosional.

Menyiapkan bekal anak tidaklah sulit. Apalagi, saat ini sudah ada teknologi yang dapat membantu orang tua.

“Ini tidak sulit, ini tidak membuang banyak waktu, tidak rumit, dan manfaatnya jauh lebih besar daripada misalnya waktu yang diperlukan untuk menyiapkan,” kata Pakar gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Anna Vipta Resti Mauludyani SP MGizi, Sabtu (19/11/2022).

Anna menjelaskan, dari aspek gizi, bekal makanan bermanfaat untuk membantu menambah energi anak ketika berada di sekolah sehingga dapat mengikuti pembelajaran dengan baik, semangat, dan tetap fokus.

Baca Juga: Ahli Gizi: Susu Tidak Bisa Gantikan Makanan Pokok

Selain itu, bekal juga membantu orang tua untuk mengontrol makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi anak dan menghindari konsumsi panganan dan jajanan sembarangan yang minim gizi.

Menurutnya, konsep bekal sebetulnya merupakan makanan untuk selingan sehingga sebaiknya orang tua jangan menyiapkan bekal dalam porsi penuh atau besar.

Dia juga mengingatkan bahwa bekal bukan lah pengganti sarapan sehingga sebaiknya sarapan tetap dilakukan di rumah sebelum anak berangkat ke sekolah.

“Saya ingin kasih tips buat ayah bunda yang akan menyiapkan bekal untuk anaknya. Siapkan saja dengan porsi kecil. Kembali lagi bekal adalah snack (selingan), jadi anggapannya bekal adalah snack. Seperti halnya snack, tidak terlalu banyak (porsinya),” kata Dosen Departemen Gizi Masyarakat IPB itu.

Dengan memahami bahwa bekal sebagai makanan selingan, Anna menjelaskan porsi yang disajikan dalam bekal hanya 10 persen dari total kebutuhan kalori anak dalam sehari.

Halaman:

Editor: Romy Syawaluddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Konsumsi Ikan Dukung Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak

Kamis, 26 Januari 2023 | 10:35 WIB

Protein Hewani Ampuh Cegah Stunting

Rabu, 25 Januari 2023 | 10:50 WIB

Simak, Ini Alasan Tidak Boleh Keramas Setiap Hari

Selasa, 24 Januari 2023 | 14:59 WIB

Destinasi Wisata Momen Tahun Baru Imlek

Rabu, 18 Januari 2023 | 09:10 WIB

Apakah Nabi Khidir Masih Hidup di Zaman Saat Ini

Selasa, 17 Januari 2023 | 13:17 WIB

Dilarang Keras, Jangan Main Lato-lato di 3 Negara Ini

Sabtu, 14 Januari 2023 | 14:14 WIB
X