Bahaya Infeksi Saluran Kemih bagi Ibu Hamil

- Sabtu, 19 November 2022 | 07:02 WIB
Ibu Hamil
Ibu Hamil

Bekasikinian.com, Jakarta - Dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dr Muhammad Fadli SpOG, menuturkan bahwa ibu hamil yang mengalami Infeksi Saluran Kemih (ISK) bisa mengakibatkan ketuban pecah dini dan bayi lahir prematur.

“Kalau terjadi infeksi terutama saluran kemih bisa memicu pecah ketuban dini, bayi lahir sebelum waktunya, bayi Prematur. Jadi, kita tidak mau ada infeksi selama kehamilan,” ucap Fadli, Sabti (19/11/2022).

Ia menjelaskan, ISK pada wanita berisiko lebih besar dibandingkan laki-laki karena saluran kencingnya yang lebih pendek. Sehingga, kuman lebih mudah naik ke kantung kencing atau bladder.

Dokter dari Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta itu juga menambahkan bahwa sifat vagina yang lembap dan iklim Indonesia yang tropis membuat area kewanitaan lebih mudah terpicu infeksi.

“Vagina itu lembap apalagi kita tinggal di iklim yang tropis jadi gampang keringatan. Jadi hal-hal ini lebih gampang untuk memicu terjadinya infeksi,” ucapnya.

Selain itu, wanita yang tidak menjaga kebersihan dengan baik dan sering menggunakan sabun kewanitaan juga bisa menjadi pemicu terjadinya ISK.

Baca Juga: Ibu Cinta Kukuhkan Pengurus Jabar Bergerak 

Sabun khusus kewanitaan disebutnya justru akan membuat kuman baik menghilang dan menjadi kuman jahat atau patologis yang bisa naik ke kantung kemih dan terjadi ISK.

Fadli mengatakan beberapa tanda ISK yang dirasakan wanita adalah terasa anyang-anyangan atau Buang Air Kecil (BAK) yang tidak tuntas. Selain itu, BAK akan terasa perih atau ada sensasi terbakar.

Kebiasaan menahan BAK juga menjadi risiko lain terjadinya ISK atau yang bisa disebut juga Lowery Urinary Tract Symptoms (LUTS).

Halaman:

Editor: Romy Syawaluddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Konsumsi Ikan Dukung Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak

Kamis, 26 Januari 2023 | 10:35 WIB

Protein Hewani Ampuh Cegah Stunting

Rabu, 25 Januari 2023 | 10:50 WIB

Simak, Ini Alasan Tidak Boleh Keramas Setiap Hari

Selasa, 24 Januari 2023 | 14:59 WIB

Destinasi Wisata Momen Tahun Baru Imlek

Rabu, 18 Januari 2023 | 09:10 WIB

Apakah Nabi Khidir Masih Hidup di Zaman Saat Ini

Selasa, 17 Januari 2023 | 13:17 WIB

Dilarang Keras, Jangan Main Lato-lato di 3 Negara Ini

Sabtu, 14 Januari 2023 | 14:14 WIB
X