Apakah Nabi Khidir Masih Hidup di Zaman Saat Ini

- Selasa, 17 Januari 2023 | 13:17 WIB
Ilustrasi Nabi Khidir
Ilustrasi Nabi Khidir

Bekasikinian.com, Jakarta - Nabi Khidir merupakan nabi yang keberadaannya cukup menjadi kontroversial di kalangan umat muslim. Sebab, masih ada yang beranggapan bahwa Nabi Khidir masih hidup hingga saat ini.

Lantas siapa Nabi Khidir ini? Berikut ulasan tentang Nabi Khidir.

Sosok Nabi Khidir
Dilansir dari detikHikmah yang mengutip dari buku Kisah dan Misteri, Selasa (17/1/2023), disebutkan bahwa Nabi Khidir memiliki nama asli Balya bin Malkan bin Faligh bin 'Abir bin Salikh bin Arfakhsad bin Sam bin Nuh Al-Khidir. Sosok Nabi Khidir ini dikisahkan oleh Allah SWT dalam Al-Qur'an surah Al-Kahfi ayat 60-82.

Mengutip dari buku berjudul Nabi Khidir karya M. A Alwi, disebutkan bahwa Khidir dilahirkan di sebuah gua. Ketika Khidir masih bayi, ibunya selalu memberikan susu kambing segar setiap hari.

Suatu ketika, Khidir diambil oleh seorang penggembala dan dididik hingga beranjak dewasa. Khidir kemudian tumbuh menjadi anak yang cerdas dalam hal tulis menulis dan membaca shuhuf atau lembaran-lembaran yang diturunkan oleh Nabi Ibrahim.

Baca Juga: Ada 70000 Umat Nabi Muhammad SAW Yang Masuk Surga Tanpa Hisab

Sebenarnya, nama Khidir merupakan suatu gelar. Hal tersebut didasarkan pada suatu riwayat yang diterima oleh Abu Sa'id Muhammad bin Abdillah bin Hamdun, dari Abu Hamid bin al-Husein asy-Syaraqy bin Basyar dan Ahmad bin Yusuf, keduanya berkata:

"Abdullah bin Hamid al-Waraq, dari Makki bin Abdan, dari Abu Al-Azhar, dari Abdurrazak, dari Muammad, dari Wahab bin Munabbih, dari Abu Hurairah telah memberitahukan kepada kami bahwa Rasulullah pernah bersabda, "Ia dinamai Khidir sebab ia duduk dengan memakai pakaian dari bulu unta berwarna putih, di mana jika kain itu bergoyang, maka di bawahnya akan tampak berwarna hijau."

 

Apakah Nabi Khidir Masih Hidup?
Ada anggapan yang menyebut bahwa Nabi Khidir merupakan salah satu nabi yang masih hidup hingga kini. Namun, rupanya hal tersebut sudah terbantahkan dari sejumlah ayat Al-Quran hingga hadits.

Halaman:

Editor: Romy Syawaluddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Masker Alami yang Bikin Kamu Ganteng Maksimal

Jumat, 3 Februari 2023 | 18:41 WIB

Begini Perbedaan Brimop Dengan Samapta

Jumat, 3 Februari 2023 | 11:20 WIB

Waspada Phising, Teliti Sebelum Klik Pesan

Jumat, 3 Februari 2023 | 10:24 WIB

Konsumsi Ikan Dukung Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak

Kamis, 26 Januari 2023 | 10:35 WIB

Protein Hewani Ampuh Cegah Stunting

Rabu, 25 Januari 2023 | 10:50 WIB

Simak, Ini Alasan Tidak Boleh Keramas Setiap Hari

Selasa, 24 Januari 2023 | 14:59 WIB

Destinasi Wisata Momen Tahun Baru Imlek

Rabu, 18 Januari 2023 | 09:10 WIB
X