Ahli Gizi: Rata-rata Orang Indonesia Konsumi Garam Dua Kali Lipat dari Batas Anjuran WHO

- Selasa, 24 Januari 2023 | 10:11 WIB
Ilustrasi garam
Ilustrasi garam

Bekasikinian.com, Jakarta - Data Badan Kesehatan Dunia (WHO) tentang Population Sodium Reductiin Strategis in South East-Asia Region mengatakan jika rata-rata orang Indonesia mengonsumsi garam dua kali lipat lebih besar dari batas anjuran WHO.

Dari data tersebut, disebutkan sebanyak 5 dari 10 orang Indonesia mengonsumsi garam lebih dari 5 gram per hari. Padahal rekomendasi WHO adalah mengurangi konsumsi sodium atau natrium sampai kurang dari dua gram per hari atau 5 gram per hari garam.

Selain WHO, Kementerian Kesehatan RI juga telah memberikan anjuran anjuran batas konsumsi garam adalah 2000 mg natrium atau setara dengan garam satu sendok teh per orang per hari (5 gram per orang per hari).

“Fakta menarik lainnya adalah 24 persen anak Indonesia usia 5 sampai 12 tahun mengonsumsi garam lebih besar dari 5 gram per hari,” ungkap Ahli Gizi dan Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul-Jakarta, Nazhif Gifari, SGz, MSi dalam acara Media Gathering Lebih Dekat dengan NIKUPLUSs Ajinomoto, Selasa (17/1/2023).

Menurutnya, konsumsi garam berlebih di Indonesia terutama pada anak-anak salah satunya berasal dari jajanan anak yang tinggi garam. Misalnya jajanan yang digoreng yang biasa dijajakan di jalan, di rumah atau di sekolah.

Baca Juga: Ternyata!! CPO jadi Penyebab Kenaikan Harga Minyak Goreng

“Makanan-makanan kemasan yang tinggi natrium, bentukannya macam-macam ada yang digoreng dan lainnya yang tinggi natrium,” tambahnya.

Konsumsi natrium ini, menurutnya harus dibatasi bukan hanya pada orang dewasa tapi juga pada anak-anak karena membahayakan kesehatan. “Karena itu orang tua harus tahu dulu sebelum anaknya beli, orang tua ketika jemput makanan ini xaja nih, boleh,” ujarnya.

Nazhif menyarankan orang tua untuk memberikan anak jajanan sehat pada anak. Misalnya orang tua membawakan bekal buah potongan yang tidak sulit untuk dibawa dan dimakan. Misalnya buah pisang, jeruk, salad dan lainnya.

Baca Juga: WHO Klasifikasikan Polio di Indonesia Wabah yang Perlu Diwaspadai

Halaman:

Editor: Romy Syawaluddin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Masker Alami yang Bikin Kamu Ganteng Maksimal

Jumat, 3 Februari 2023 | 18:41 WIB

Begini Perbedaan Brimop Dengan Samapta

Jumat, 3 Februari 2023 | 11:20 WIB

Waspada Phising, Teliti Sebelum Klik Pesan

Jumat, 3 Februari 2023 | 10:24 WIB

Konsumsi Ikan Dukung Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak

Kamis, 26 Januari 2023 | 10:35 WIB

Protein Hewani Ampuh Cegah Stunting

Rabu, 25 Januari 2023 | 10:50 WIB

Simak, Ini Alasan Tidak Boleh Keramas Setiap Hari

Selasa, 24 Januari 2023 | 14:59 WIB

Destinasi Wisata Momen Tahun Baru Imlek

Rabu, 18 Januari 2023 | 09:10 WIB
X